Breaking News
Loading...

Header AD

Cara Menambah Paging File / Virtual RAM (VRAM) pada Windows

Pager adalah bagian penting dari pelaksanaan memori virtual di sistem operasi tujuan umum kontemporer, yang memungkinkan mereka untuk menggunakan penyimpanan sekunder untuk data yang tidak sesuai dengan fisik random-access memory (RAM).

Fungsi utama dari paging dilakukan ketika sebuah program mencoba mengakses halaman yang saat ini tidak dipetakan ke memori fisik (RAM). Situasi ini dikenal sebagai page fault. Sistem operasi kemudian harus mengambil kendali dan menangani page fault, dengan cara yang tak terlihat untuk program. Oleh karena itu, sistem operasi harus:
  1. Menentukan lokasi data dalam penyimpanan sekunder (secondary storage).
  2. Mendapatkan kerangka halaman (page frame) kosong dalam RAM untuk digunakan sebagai wadah untuk data.
  3. Memuat data yang diminta ke dalam bingkai (frame) yang tersedia halaman.
  4. Memperbarui tabel halaman (page table) untuk merujuk pada kerangka halaman (page frame) baru.
  5. Kontrol kembali untuk suatu program, suatu instruksi yang secara transparan mencoba kembali jika terjadi kesalahan halaman (page fault).

Eefisien Sistem Paging harus menentukan page frame untuk kosong dengan memilih salah satu yang paling tidak mungkin diperlukan dalam waktu singkat. Ada berbagai algoritma penggantian halaman yang mencoba untuk melakukan hal ini. Sebagian besar sistem operasi menggunakan beberapa pendekatan dari Least Recently Used (LRU) algoritma penggantian (LRU sendiri tidak dapat diimplementasikan pada perangkat keras saat ini) atau algoritma set berbasis kerja.

Untuk lebih meningkatkan daya tanggap, sistem paging dapat menggunakan berbagai strategi untuk memprediksi halaman akan dibutuhkan segera. Sistem tersebut akan mencoba untuk memuat halaman ke dalam memori utama Terlebih Dahulu, sebelum program mereka referensi.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menambah Paging File / Virtual RAM (VRAM) pada Windows:

1. Arahakan kursor pada Start Windows lalu klik kiri, kemudian Anda arahkan kursor pada Computer lalu klik kanan pilih Properties.


2. Setelah terbuka jendela View Basic Information, arahakan kursor pada sebelah kanan atas yaitu Advance System Setting lalu Anda klik.


3. Setelah itu terbukalah System Properties, pilih tab Advance lalu arahkan kursor Anda pada menu Performance lalu klik Setting.


4. Setelah jendela Performance Option terbuka, pilih tab Advance lalu klik Change... pada menu Virtual Memory.


5. Setelah itu terbukalah jendela Virtual Memory. Hilangkan centang pada tulisan Automatically manage paging file size for all drives. Pilih drive partisi OS Anda, lalu pilih Custom Size, masukkan Initial Size setengah dari Maximum Size, yang artinya jika maksimum size yang Anda isi adalah 6000MB berarti initial size yang harus isi adalah 3000MB. Setelah itu klik OK dan tutup jendela sebelumnya dengan meng-klik OK.



Ingat, ini adalah Virtual RAM bukan RAM sebenarnya. Jadi isikan secukupnya, recomendasi dari kami isikan maksimum size dengan dua sampai tiga kali ukuran RAM fisik yaitu RAM sebenarnya.

6. Setelah semua instruksi di atas dijalankan, windows akan memberikan respon / tanggapan bahwa untuk mengaplikasikannya pengaturan tersebut, Anda harus me-restart komputer / PC Anda. Instruksi tersebut memberikan pilihan antara me-restart sekarang atau me-restart nanti.



Virtual RAM ini berguna sebagai cadangan RAM saat RAM penuh dan akan dialihkan ke Virtual RAM, dengan begini komputer Anda menjadi lebih optimal. Jika saja komputer tidak memiliki virtual RAM dan RAM sudah penuh pasti windows akan menyuruh kita untuk restart komputer untuk mereset RAMnya.

Semoga bermanfaat.

Cara Menambah Paging File / Virtual RAM (VRAM) pada Windows Cara Menambah Paging File / Virtual RAM (VRAM) pada Windows Reviewed by Unknown on 01.08 Rating: 5